Slot Demo Tebak Angka
Wordwall menjadikan cepat dan mudah untuk membuat sumber daya pengajaran Anda yang sempurna.
Pada tulisan kali ini, Alza memberikan dua contoh game tebak angka sederhana. Kok dua sih? Ya dua game sekaligus karena keduanya terkait, lebih tepatnya lagi game kedua merupakan kebalikan dari game pertama.
Pada game pertama ini, komputer akan memilih angka secara acak dari angka 1 sampai 100. Kamu lantas diminta menebak angka yang dipilih oleh komputer dalam 7 kesempatan, lebih dari itu kamu dianggap kalah. Penasaran? Cobain aja dengan menjalankan kode di bawah ini.
Gimana? Kamu menang nggak? Kalau kamu nggak menang, coba lagi lah sampai menang. Kalau kamu menang, coba pikirin berdasarkan pola tebakan kamu, ada nggak kira-kira cara yang bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa kamu pasti bakalan bisa nebak sebelum kesempatan kamu habis.
Nah sekarang waktunya game kedua. Tadi kan sudah disebutkan kalau game kedua adalah kebalikan dari game pertama. Kalau game pertama kamu yang diminta nebak, pada game kedua ini kamu yang milih angka dan komputer bakal menebak angka yang kamu pilih. Untuk lebih jelasnya jalanin aja ya.
Kedua game yang ada sebenarnya merupakan contoh populer yang sering digunakan untuk mendemonstrasikan algoritma yang disebut dengan binary search. Sebuah algoritma pencarian suatu nilai tertentu pada kumpulan/himpunan nilai yang terurut.
Kalau kamu bisa selalu menebak dengan benar pada game pertama, kemungkinan secara tidak sadar kamu sudah menggunakan algoritma ini.
Pada game kedua, komputer akan selalu bisa menebak angka yang kamu pikirkan. Itu juga karena algoritma yang digunakan pada kode yang ada adalah algoritma binary search, yang penjelasannya ada pada artikel ini.
Selamat datang di dunia keajaiban SLOT JITU di NAGA188, bandar tebak angka toto online terkemuka yang siap membawa Anda melesat ke puncak kesenangan! Bergabunglah dalam pengalaman luar biasa ini dan rasakan sensasi tak tertandingi saat Anda memasuki arena parlay dan slot yang memukau. Dengan pilihan permainan yang bervariasi dan peluang menang yang menggoda, setiap putaran menjadi sebuah petualangan penuh kejutan! Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih jackpot impian Anda, setiap angka yang Anda tebak bisa jadi tiket Anda menuju kekayaan! Ayo, buktikan keberanian Anda dan jadilah bagian dari komunitas pemenang di NAGA188, tempat di mana setiap detik dipenuhi dengan keseruan dan kemenangan!
Program ini adalah permainan tebak angka dimana user akan menebak angka magic_no yang diambil secara acak oleh komputer.
Adapun program ini menggunakan perintah perulangan while, perintah seleksi if..else, perintah ambil angka secara acak yang berubah setiap kali program dijalankan dan pemanggilan function di dalam function.
Jika user berhasil tebak angka :
Jika user tebak angka salah sebanyak 5 kali :
Jika user menginput huruf dan simbol :
Jika user input angka < 1 atau angka > 50
source : program tebak angka dibuat oleh Pak Yanto di class room session 11 Algoritma & Programming
Halo kawan-kawan semua, pada tulisan saya sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai pembuatan program Menghitung Bangun Datar 2D dan 3D dalam bahasa C, berikutnya saya akan membagikan cara membuat program tebak angka. Tulisan ini saya buat untuk memenuhi Tugas Pribadi saya di kuliah. Oh iya sebelumnya saya ingin mencantumkan data diri saya sebagai syarat dalam tugas ini.
Nama : Hugo Irwanto NIM : 2001671875 Dosen Pembimbing : YANTO SETIAWAN, S.Kom., M.T.I.
Oke, mungkin sekian tulisan tentang program tebak angka ini, jika ada masalah pada source code program, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ini.
Ketika kuliah perdana pemrograman komputer, saya tunjukkan ke mahasiswa sebuah program untuk menebak angka. Kegiatan ini saya lakukan untuk memotivasi mahasiswa supaya tertarik dengan pemrograman komputer. Seorang mahasiswa saya tunjuk sebagai sukarelawan dan saya suruh memilih dalam hati sebuah angka antara 0 s/d 511. Selanjutnya saya jalankan sebuah program dan mahasiswa tadi menjawab sederetan pertanyaan dalam bentuk Yes or No. Betapa kagetnya si mahasiswa ketika komputer yang saya jalankan mampu menebak angka yang dipilih mahasiswa tadi. Hal yang sama saya lakukan untuk beberapa mahasiswa yang lain.
Kebanyakan mahasiswa mengira bahwa komputer benar-benar mengetahui isi hati dan pikiran mereka, padahal sebetulnya tidak. Dalam hal ini algoritma dan logikalah yang berperan. Melalui serangkaian input dan proses serta perhitungan, komputer akan menghasilkan output berupa yang angka yang dipilih si mahasiswa.
Banyak di antara mahasiswa yang penasaran dengan logika dan algoritma yang saya gunakan untuk membuat program menebak angka tersebut. Dan… sekarang saatnya saya buka rahasianya.
OK.. untuk menyederhanakan permasalahan, saya akan persempit dulu scope bilangannya yaitu antara 0 s/d 7. Oya.. perlu diketahui bahwa permainan tebak angka ini hanya berlaku untuk bilangan antara 0 s/d 2^n-1, dengan n nya bilangan bulat positif. Lho kenapa harus seperti itu? Iya… karena n ini terkait dengan jumlah bit biner suatu bilangan. Misalkan kita pilih jumlah bit biner untuk permainan tebak angka ini adalah 3, maka dengan jumlah bit tersebut akan diperoleh bilangan-bilangan
0 = 000 1 = 001 2 = 010 3 = 011 4 = 100 5 = 101 6 = 110 7 = 111
Dengan demikian, apabila dipilih n = 3, maka permainan tebak angka ini hanya berlaku untuk bilangan 0 s/d 7 (8 bilangan) saja.
OK… setelah diketahui bilangan biner untuk masing-masing bilangan 0 s/d 7, selanjutnya mengelompokkan ke-delapan bilangan tersebut berdasarkan bit-bit yang bernilai 1. Misalkan untuk bilangan yang memiliki bit pertama bernilai 1 adalah 4, 5, 6, dan 7. Sedangkan untuk bit kedua bernilai 1 adalah 2, 3, 6, dan 7. Dan bit ketiga bernilai 1 adalah 1, 3, 5 dan 7.
Selanjutnya, untuk setiap kelompok tersebut ditampilkan bilangan-bilangannya dan diberikan pertanyaan kepada user. Berikut ini bentuk pertanyaannya (untuk kelompok bilangan dengan bit pertama bernilai 1):
Apakah bilangan yang Anda pilih ada diantara angka-angka berikut ini?
Berikutnya pertanyaan untuk kelompok bit kedua yang bernilai 1.
Apakah bilangan yang Anda pilih ada diantara angka-angka berikut ini?
Hal yang sama juga berlaku untuk pertanyaan pada kelompok bilangan dengan bit ketiga bernilai 1.
Lantas, bagaimana komputer bisa menebak angka yang dipilih oleh user? Caranya cukup mudah yaitu dengan merangkai nilai setiap bit yang diperoleh pada setiap pertanyaan. Sebagai contoh misalnya untuk pertanyaan pertama user menjawab ‘Ya’, maka bit pertama bernilai 1, pertanyaan kedua user menjawab ‘tidak’ (bit kedua bernilai 0) dan pertanyaan ketiga dijawab ‘Ya’ (bit ketiga bernilai 1), maka bilangan yang dipilih oleh user memiliki bit biner 101, dalam hal ini adalah bilangan 5.
Nah penjelasan di atas dapat digeneralisasi untuk n digit biner. Mau tahu source code program tebak angka versi Pascal? Silakan download source code di bawah ini
Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!